PERENCANAAN BISNIS
RENCANA PEMASARAN
Rencana pemasaran mencakup penentuan target pasar, pemposisian produk, rencana
produk, rencana harga, rencana distribusi dan rencana promosi. Pasar sasaran adalah
kelompok orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang sama yang dapat
diharapkan menunjukkan minat terhadap produk yang sama Penetapan target pasar
didahului dengan proses segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah pengelompokan
pasar dari yang bersifat heterogen menjadi pasar yang lebih homogen dengan
menggunakan pendekatan geografis, demografis, psikografis, dan perilaku konsumen.
Setelah pasar dikelompok-kelompokkan, dilanjutkan dengan memilih pasar yang dipilih
untuk dilayani atau pasar yang menjadi target market. Rencana pasar sasaran
menjelaskan yang akan digunakan oleh perusahaan.
Pemposisian produk adalah membangun image produk dibenak konsumen. Dengan
positioning yang jelas akan memudahkan membuat rencana produk, harga, distribusi
dan promosi. Rencana pemposisian produk menjelaskan pemposisian yang dipilih oleh
perusahaan.
Pemasaran dimulai dengan produk–barang, jasa atau gagasan yang dirancang untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Produk adalah barang, jasa, atau
gagasan yang dipasarkan untuk mengisi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pelanggan membeli produk karena nilai yang ditawarkannya. Dengan demikian, produk
yang berhasil merupakan paket nilai yang memberikan ciri khas yang benar serta
manfaat yang tepat. Untuk bersaing perlu difrensiasi produk. Diferensiasi produk
adalah penciptaan ciri atau citra yang membuat produk berbeda dari pesaing. Rencana
produk menjelaskan atribut-atribut yang akan hasilkan perusahan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan target market yang sudah dipilih oleh perusahaan.
Dalam penetapan harga, manajer memutuskan berapa yang akan diterima perusahaan
sebagai imbalan produknya. Tujuan penetapan harga merujuk pada tujuan yang ingin
didapatkan produsen sebagai akibat dari keputusan penetapan harga. Tujuannya dapat
terbagi menjadi dua kategori utama: penetapan harga untuk memaksimalkan laba dan
tujuan pangsa pasar. Penetapan harga adalah strategi menyeleksi harga yang paling
tepat untuk menjual produk. Rencana harga menjelaskan cara penetapan harga yang
akan digunakan oleh perusahaan.
Keberhasilan dari produk apapun tergantung pada bauran distribusinya. Kombinasi
saluran distribusi yang digunakan perusahaan untuk membawa produk ke pengguna
akhir. Perantara membantu mendistribusikan barang-barang produsen. Pedagang
grosir menjual produk ke bisnis lain yang menjualnya kembali ke konsumen akhir.
Pengecer menjual produk langsung ke konsumen. Rencana distribusi menjelaskan cara
distriabusi yang akan digunakan oleh perusahaan.
Promosi merupakan teknik yang dirancang untuk menjual produk. Ada 2 nilai umum
yang didapatkan dari setiap kegiatan promosi: 1) Mengkomunikasikan informasi
tentang produsen dan produknya bagi pembeli potensial dan 2) menciptakan
pertukaran yang lebih memuaskan, mencoba membuat produk yang lebih menarik,
sehingga baik pembeli maupun penjual mendapatkan lebih banyak dari pertukaran.
Rencana promosi menjelaskan cara promosi yang akan digunakan oleh perusahaan.
Posting Komentar untuk "PERENCANAAN BISNIS"