Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERENCANAAN BISNIS

 RENCANA PEMASARAN









Rencana pemasaran mencakup penentuan target pasar, pemposisian produk, rencana 

produk, rencana harga, rencana distribusi dan rencana promosi. Pasar sasaran adalah 

kelompok orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang sama yang dapat 

diharapkan menunjukkan minat terhadap produk yang sama Penetapan target pasar 

didahului dengan proses segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah pengelompokan 

pasar dari yang bersifat heterogen menjadi pasar yang lebih homogen dengan 

menggunakan pendekatan geografis, demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. 

Setelah pasar dikelompok-kelompokkan, dilanjutkan dengan memilih pasar yang dipilih 

untuk dilayani atau pasar yang menjadi target market. Rencana pasar sasaran 

menjelaskan yang akan digunakan oleh perusahaan.

Pemposisian produk adalah membangun image produk dibenak konsumen. Dengan 

positioning yang jelas akan memudahkan membuat rencana produk, harga, distribusi 

dan promosi. Rencana pemposisian produk menjelaskan pemposisian yang dipilih oleh 

perusahaan.

Pemasaran dimulai dengan produk–barang, jasa atau gagasan yang dirancang untuk 

memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Produk adalah barang, jasa, atau 

gagasan yang dipasarkan untuk mengisi kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Pelanggan membeli produk karena nilai yang ditawarkannya. Dengan demikian, produk 

yang berhasil merupakan paket nilai yang memberikan ciri khas yang benar serta 

manfaat yang tepat. Untuk bersaing perlu difrensiasi produk. Diferensiasi produk 

adalah penciptaan ciri atau citra yang membuat produk berbeda dari pesaing. Rencana 

produk menjelaskan atribut-atribut yang akan hasilkan perusahan untuk memenuhi 

kebutuhan dan keinginan target market yang sudah dipilih oleh perusahaan.

Dalam penetapan harga, manajer memutuskan berapa yang akan diterima perusahaan 

sebagai imbalan produknya. Tujuan penetapan harga merujuk pada tujuan yang ingin 

didapatkan produsen sebagai akibat dari keputusan penetapan harga. Tujuannya dapat 

terbagi menjadi dua kategori utama: penetapan harga untuk memaksimalkan laba dan 

tujuan pangsa pasar. Penetapan harga adalah strategi menyeleksi harga yang paling 

tepat untuk menjual produk. Rencana harga menjelaskan cara penetapan harga yang 

akan digunakan oleh perusahaan.

Keberhasilan dari produk apapun tergantung pada bauran distribusinya. Kombinasi 

saluran distribusi yang digunakan perusahaan untuk membawa produk ke pengguna 

akhir. Perantara membantu mendistribusikan barang-barang produsen. Pedagang 

grosir menjual produk ke bisnis lain yang menjualnya kembali ke konsumen akhir. 

Pengecer menjual produk langsung ke konsumen. Rencana distribusi menjelaskan cara 

distriabusi yang akan digunakan oleh perusahaan. 

Promosi merupakan teknik yang dirancang untuk menjual produk. Ada 2 nilai umum 

yang didapatkan dari setiap kegiatan promosi: 1) Mengkomunikasikan informasi 

tentang produsen dan produknya bagi pembeli potensial dan 2) menciptakan

pertukaran yang lebih memuaskan, mencoba membuat produk yang lebih menarik, 

sehingga baik pembeli maupun penjual mendapatkan lebih banyak dari pertukaran. 

Rencana promosi menjelaskan cara promosi yang akan digunakan oleh perusahaan.

Posting Komentar untuk "PERENCANAAN BISNIS"